Don't Miss
tren startup

Tren Startup 2017

Jakarta – Masih banyak pertanyaan tentang apa yang akan menjadi trending untuk startup di tahun 2017 ini. Berbagai venture capital mencari ide-ide yang lebih fresh untuk kedepannya.

Tren startup tahun depan akan datang dari industri fintech dan data analytics. Menurut Mandiri Capital yang merupakan salah satu venture capital di Indonesia,

“Nantinya makin banyak penyerta modal yang akan mengucurkan dananya untuk startup di Indonesia”, kata CEO Mandiri Capital Eddie Danusaputro. Indonesia masih sangat menjanjikan, mengingat bahwa negara ini memiliki pasar yang besar. Akan tetapi, pelaku Indonesia juga perlu mencermati tren yang ada di masyrakat secara global atau lokal,” tutur Eddie di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (15/11/2016).

Baginya, yang akan berkembang pada tahun 2017 adalah fintech yang dimana bidang tersebutlah yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang.

CEO Mandiri Capital itu juga mengungkapkan, “Branch banking semakin lama semakin berkurang. Orang yang mau ke cabang untuk mengantri akan semakin berkurang. Kalau tidak lewat ATM, orang-orang bisa lewat internet. Begitupula dengan generasi millenial atau generasi muda. Mereka sudah mulai malas dan berpikir bahwa produk perbankan tak harus ke bank, bisa ke platform lain yang non-bank”.

“Jadi, daripada diserap oleh asing, lebih baik investasi ke startup yang bisa membawa perubahan dari dalam,” ujarnya. Yang dimana maksud Eddie adalah lebih fokus mengembangkan yang lokal agar dapat membuat negara lebih berkembang nantinya.

“Sampai akhir 2016 ini rencananya empat sampai lima portofolio, termasuk salah satunya Mitra Transaksi Indonesia dan Digital Artha Media. Untuk pendanaanya sendiri berkisar miliaran hingga ratusan miliar, dilihat dari tingkat startup itu sendiri apakah sudah mature apa masih tahap awal,” tuturnya.

Pada intinya Ia akan merangkul berbagai startup-startup lokal bidang fintech yang berpotensi untuk tahun 2017 ini.

Berita Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*